Tech  

Membantu atau Membuat Menjadi tambah Buntu ? Dampak Kehadiran Robot Kecerdasan Buatan

Source : bbc.com
Source : bbc.com

Akhir-akhir ini sedang banyak dikabarkan adanya inovasi baru yaitu robot kecerdasan buatan yang diklaim bisa membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Namun hal tersebut malah menjadikan pertanyaan, apakah benar akan membantunya atau justru menjadi tambah buntu karena kinerja SDM berkurang? Mengingat robot-robot berkemampuan tersebut dapat melakukan segala hal seperti layaknya manusia.

Enam Dampak Kehadiran Robot Kecerdasan Buatan

Robot dengan kecerdasan buatan, adalah sebuah mesin berbentuk seperti manusia mekanik yang memungkinkannya bisa melakukan segala kegiatan seperti dilakukan manusia. Salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia yaitu Tesla sudah mengumumkan pembuatan Tesla Bot guna memudahkan pekerjaan manusia. Hal tersebut terlihat akan meminimalkan penggunaan tenaga SDM dalam menjalankan pekerjaan. Oleh sebab itu muncul lah dampak adanya robot-robot tersebut.

1. Sumber Daya Manusia akan Berkurang di Lingkup Perusahaan

Source : tekno.okezone.com
Source : tekno.okezone.com

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa keberadaan robot kecerdasan buatan dibuat bertujuan untuk membantu manusia dalam melakukan setiap pekerjaannya sehari-hari. Namun jika dilihat bagaimana kinerjanya, bisa diprediksikan kedepannya keberadaan robot-robot tersebut justru akan mengurangi penggunaan Sumber Daya Manusia di sebuah perusahaan. Tentunya mereka lebih memilih beli mahal di awal tetapi tidak membayarkan gaji setiap bulan lagi selamanya.

Oleh sebab itu keberadaanya bukannya membantu tetapi membuat manusia menjadi jalan buntu. Namun mau tidak mau, pada akhirnya dunia akan didominasi dengan teknologi semacam itu sehingga dari sekarang Anda harus mempersiapkan diri tetap menerimanya meskipun lebih banyak dirugikan karena perusahaan lebih memilih menggunakan tenaganya daripada SDM untuk mengurangi pengeluaran perusahaan di masa depan.

2. Munculnya Ketergantungan Masyarakat pada Teknologi Canggih

Source : supercarblondie.com
Source : supercarblondie.com

Dampak ini sudah terlihat di masa sekarang dengan masyarakat yang tidak bisa jauh dari gadgetnya, menunjukkan bahwa mereka sudah mulai ketergantungan pada teknologi canggih. Sedangkan berbagai macam gadget sekarang menjadi bentuk robot lain namun tidak menggunakan kecerdasan  buatan. Jikapun nantinya robot tersebut menginvasi dunia, tentunya masyarakat juga akan ketergantungan.

Mengingat tujuan utama diciptakannya robot tersebut adalah untuk membantu melakukan pekerjaan sehari-hari sehingga mudah menyelesaikannya. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat setiap penggunanya menggantungkan pekerjaan pada robot, oleh karena itu dampak kedua tentunya memunculkan ketergantungan masyarakat pada teknologi canggih tersebut hingga di masa mendatang.

3. Kemungkinan Mengekspansi Dunia melalui Manusia sangat Tinggi

Source : liputan6.com
Source : liputan6.com

Melihat prediksi bahwa teknologi akan mendominasi dunia di masa mendatang, tentunya keberadaan robot kecerdasaan buatan memiliki kemungkinan tinggi akan mengekpansi dunia melalui manusia. Mereka memanfaatkan ketergantungannya untuk dijadikan jalan menguasai pikiran manusia agar selalu menggunakannya dalam mengerjakan pekerjaannya sehari-hari.

Oleh sebab itu dampak ketiga adalah dimana kemungkinan keberadaan robot tersebut mengekspansi dunia adalah tinggi. Dengan begitu apa yang sebenarnya ada di film sekaligus menjadi pediksi bahwa di masa depan teknologi-teknologi canggih seperti robot kecerdasaan buatan akan menguasai dunia dalam artian tidak jahat tetapi digunakan setiap masyarakat nantinya.

4. Tidak Semua Masyarakat bisa Memiliki dan Menggunakannya

Source : inet.detik.com
Source : inet.detik.com

Dengan prediksi keberadaan robot-robot tersebut akan menguasai dunia tentunya masyarakat kembali dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memilikinya. Namun sayangnya harga jual robot kecerdasaan buatan tentunya tidak akan murah, oleh sebab itu tidak semua bisa membelinya bahkan menggunakannya. Hal tersebut akan menjadi dampak lain keberadaannya.

Sedangkan jika seseroang tidak mempunyai, bisa dikatakan ketinggalan zaman ibarat seperti tak mempunyai ponsel pintar di saat sekarang ini. Padahal belum semua orang juga memilikinya dan bisa menggunakannya, oleh sebab itu hal tersbeut sama seperti bagaimana nantinya di masa depan robot kecerdasan buatan menguasai dunia melalui manusia yang menggunakannya.

5. Berguna Bagi Perusahaan tetapi Menimbulkan Keresahan Baru

Source : infokomputer.grid.id
Source : infokomputer.grid.id

Seperti sudah disinggung, bahwa dengan adanya robot tersebut di masa mendatang perusahaan besar akan merasa terbantu. Namun sayangnya karyawan atau tenaga SDM akan dikurangi, mengingat sudah adanya robot pandai. Hal ini menjadi dampak lain yaitu berguna bagi perusahaan tetapi menimbulkan keresahan baru bagi masyarakat terutama pekerja.

6. Robot tetap akan Kalah dengan Kemampuan Sumber Daya Manusia

Source : allaboutcircuits.com
Source : allaboutcircuits.com

Meskipun robot secanggih apapun dengan banyak kelebihan fitur, namun tidak akan bisa menyaingin kemampuan Sumber Daya Manusia yang natural dan terjamin. Hal tersebut karena robot sama saja dengan mesin, kemungkinan cepat atau lambat mengalami permasalahan.

Tertarik memilikinya? Selain harga belinya mahal, keberadaan robot tersebut belum bisa diterapkan saat ini karena memang keadaannya masih belum memungkinkan. Diharapkan tidak akan mengganggu SDM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *