6 Tips untuk Tingkatkan Produktivitas di Awal Tahun

Tips untuk Tingkatkan Produktivitas
Source : www.dictio.id

Awal tahun memang menjadi momen yang tepat untuk memperbaiki berbagai hal dalam diri. Untuk seorang pekerja tentu meningkatkan kinerja agar lebih baik dalam bekerja jadi tindakan terbaik. Maka dari itu, awali tahun ini dengan mengetahui beberapa tips untuk Tingkatkan produktivitas ini.

Inilah 6 Tips untuk Tingkatkan Produktivitas di Awal Tahun

Setiap orang ketika mengawali tahun baru tentu mengharapkan berbagai hal baik dari sebelumnya. Untuk mewujudkan hal ini tentunya memerlukan sebuah usaha salah satunya adalah meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Berikut adalah 6 tips untuk Tingkatkan produktivitas di awal tahun :

1. Mencoba Mengenal lebih Dekat dengan Diri Sendiri

Source : s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Source : s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Tentunya untuk meningkatan produktifitas dalam bekerja, Anda terlebih dahulu harus mengenal secara benar diri sendiri. Setiap orang memiliki cara dan kreativitas berbeda beda dalam mengawali kegiatan sehari hari. Lakukan identifikasi apa saja hal yang sekiranya tidak berguna dalam hidup selama ini.

Baca Juga : Harus Tahu 6 Cara Pencet Jerawat yang Aman dan Benar

Cobalah untuk menganalisa diri Anda sendiri, hilangkan semua sifat, aktivitas, dan kegiatan tidak perlu selama ini yang jadi penyebab utama produktivitas kerja menurun. Setelah melakukan hal ini, maka jalan untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja akan semakin meningkat dan membaik tentunya.

2. Tanggapi semua Pekerjaan dengan Benar

Source : codemi.co.id
Source : codemi.co.id

Menanggapi atau mendelegasi secara benar setiap pekerjaan yang Anda terima merupakan langkah tepat dalam meningkatkan produktivitas diri. Tips untuk Tingkatkan produktivitas satu ini cukup efisien dalam menyusun fokus seseorang ketika mengerjakan sesuatu sehingga terselesaikan dengan baik.

Apabila sekiranya terdapat pekerjaan yang memang berat Anda kerjakan secara mandiri, cobalah untuk tidak segan meminta pertolongan kepada rakan ataupun saudara dalam memecahkannya. Tujuan dari tindakan ini selain meringankan beban juga bisa saling belajar antara rekan kerja.

3. Berhenti Melakukan Multitasking

Source : images.healthshots.com
Source : images.healthshots.com

Tips untuk Tingkatkan produktivitas selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari melakukan pekerjaan banyak dalam satu waktu. Kegiatan ini juga sering orang sebut sebagai aktivitas multitasking. Mungkin ini sedikit terlihat keren ketika Anda dapat mengerjakan banyak hal dalam satu waktu.

Akan tetapi sebenarnya kebiasan seperti ini akan lebih banyak menguras pikiran, energi, dan waktu Anda. Dampak dari kondisi ini akan membuat seseorang akan kehilangan konsentrasinya dalam bekerja, alhasil pekerjaan bukannya selesai justru mengalami kekacauan atau sering melakukan kesalahan.

4. Hindari Distraksi dalam Bekerja

Source : st2.depositphotos.com
Source : st2.depositphotos.com

Distraksi atau keluar jalur sering sekali para pekerja alami saat waktu bekerja. Ini merupakan salah satu penyakit yang kerap kali ada pada karyawan. Biasanya distraksi paling umum adalah bermain handphone ketika bekerja atau membuka file lain apabila Anda seorang kantoran saat bekerja.

Tips untuk Tingkatkan produktivitas Anda dalam bekerja adalah sebisa mungkin menahan diri agar tidak kedistrek ketika mengerjakan pekerjaan. Caranya sangat mudah yaitu dengan memusatkan konsentrasi dalam pekerjaan saja, hilangkan segala hal yang bisa mendistrik ketika mengerjakan tugas.

5. Membuat Pekerjaan Terstruktur

Source : adrianluis.com
Source : adrianluis.com

Tips untuk Tingkatkan produktivitas selanjutnya adalah dengan menyederhanakan semua pekerjaan Anda. Proses menyusun ulang setiap pekerjaan menjadi lebih terstruktur dapat mengurangi beban dan membuat seseorang bisa mengambil langkah tepat dalam bekerja.

 Baca Juga : 6 Hal Menarik dari Tempat Wisata Pesisir di Pantai Harapan Ammani Pinrang

Kondisi seperti ini tentunya akan membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien. Cara sederhana dalam menyederhanakan pekerjaan adalah dengan memecah tugas atau pekerjaan menjadi poin poin kecil. Tuntaskan satu persatu pekerjaan tersebut secara produktif.

6. Istirahat dengan Metode Power Nap

Source : static.independent.co.uk
Source : static.independent.co.uk

Mungkin beberapa orang belum tahu mengenai istilah satu ini. Power nap sendiri merupakan istirahat tidur siang selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Melakukan power nap terbukti sangat ampuh untuk mengembalikan fokus serta konsentrasi seseorang ketika melakukan sebuah pekerjaan baik ringan maupun berat.

Setiap pekerja tentu memiliki jam istirahat setidaknya 1 jam, gunakan waktu tersebut semaksimal mungkin untuk melakukan aktivitas ini. Tunjanglah kegiatan positif ini dengan mengatur pola hidup sehat sehingga dapat dengan mudah mengistirahatkan tubuh di jam jam kerja ini.

Demikian informasi mengenai tips untuk Tingkatkan produktivitas di awal tahun. Setiap orang tentunya ingin mendapatkan banyak hal baik di tahun baru ini. Untuk mewujudkannya salah satunya dengan memperbaiki diri yaitu meningkatkan produktivitas dalam hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *