6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah

Langkah Menjadi Pengusaha Sukses
Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

Saat masih kecil orang memiliki cita-cita yang tinggi seperti menjadi polisi, pilot, hingga presiden. Siapa sangka, semakin dewasa cita-cita tersebut dapat mengerucut bahkan berubah menjadi dua kata saja yaitu pengusaha sukses. Wajar jika semua orang ingin tahu apa langkah menjadi pengusaha sukses.

Ketahui Langkah Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

Potret pengusaha sukses yang banyak terlihat adalah ketika sudah berada di tingkat kesuksesan paling atas, padahal sebenarnya semua dimulai dari bawah atau dari nol. Apapun usaha yang dilakukan dan diupayakan, semua bisa meraih keberhasilan dengan Langkah menjadi pengusaha sukses berikut ini.

1. Memulai Walaupun dari yang Kecil

Gambar 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah - IYADEH.COM

Langkah pertama menjadi pengusaha sukses adalah dengan cara memulainya saat ini juga, walaupun dari hal yang kecil. Misalnya, seseorang ingin berjualan sepatu maka mulailah walaupun baru bisa untung sedikit. Ingin melanjutkan usaha milik ayah, mulailah walaupun malam hari jadi tidak bisa tidur.

Baca juga : 6 Alasan Seseorang Menggunakan Pembelian Online

Usaha berskala kecil adalah fondasi awal yang melahirkan pengusaha sukses saat ini. Salah satunya adalah Mark Zuckerberg yang berhasil membawa Facebook di mana pada tahun 2003 tidak punya pengguna sampai pada tahun 2022 mencapai angka lebih dari 200 juta jumlah pengguna di Indonesia.

2. Membangun Rencana Sebuah Usaha

Gambar 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah 2 - IYADEH.COM

Ketika di awal berhasil memulai sebuah usaha, maka langkah menjadi pengusaha sukses yang selanjutnya adalah dengan membangun sebuah rencana pada sebuah usaha/bisnis. Rencana bisnis ini dapat berupa ide-ide yang muncul setelah memulai usaha di langkah nomor satu.

Tentu saja akan muncul banyak pertanyaan semisal apa produk yang paling banyak disukai pembeli, mengapa pembeli banyak memilih produk ini, bagaimana operasional harian dengan margin saat ini, dan lain-lain. Jawab pertanyaan itu semua dan susun yang rapi menjadi rencana bisnis yang lebih baik.

3. Berani Ambil Risiko

Gambar 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah 4 - IYADEH.COM

Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah karakter untuk mengambil risiko. Coba lihat lebih menakutkan mana singa yang ada di hutan atau singa di kebun binatang. Singa di hutan lebih menakutkan karena dia mengambil risiko pergi ke seluruh hutan untuk mencari mangsa.

Seperti itulah karakter berani risiko yang dibutuhkan. Jangan mau hanya bernyaman-nyaman di zona nyaman di dalam kerangkeng besi dengan makanan selalu tersedia. Faktor terbesar sebuah usaha menjadi besar adalah keberanian pemiliknya untuk mengambil risiko dari keputusan yang dia buat.

4. Selalu Terlibat di Semua Aspek Usaha

Gambar 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah 6 - IYADEH.COM

Ketika usaha sudah semakin berkembang, penting untuk tetap selalu terlibat di semua aspek usaha. Tentu saja penting untuk memberi kepercayaan penuh kepada karyawan, tetapi tidak kalah penting untuk tetap terlibat demi menjaga bisnis dari lini yang tidak bisa diputuskan oleh seorang karyawan.

Di dalam dunia usaha terdapat aspek di mana pemilik usaha tidak terlalu mahir di dalamnya, maka seseorang bisa mendelegasikan aspek tersebut kepada orang lain dengan batasan tertentu agar bisa diawasi. Ingat untuk selalu terlibat, lalu apa langkah menjadi pengusaha sukses selanjutnya?

5. Hanya Tim Terbaik yang Bisa Langgengkan Usaha

Gambar 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah 8 - IYADEH.COM

Hanya tim terbaik yang bisa melanggengkan usaha, oleh karena itu seorang pengusaha harus membangun timnya sendiri apabila ingin memiliki usaha sukses. Hal inilah yang menjadi salah satu kunci kesuksesan banyak perusahaan besar di banyak wilayah Indonesia.

Misalnya, buatlah tim produksi yang handal hanya dengan orang-orang yang memang kompeten, tim finance hanya menerima oleh akuntan terbaik, kedisiplinan harus menjadi budaya perusahaan, dan lain-lain. Tim terbaik lahir untuk misi terbaik dan dibangun oleh pengusaha terbaik pula.

6. Selalu Mengembangkan Diri

Gambar 6 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses dari Bawah 10 - IYADEH.COM

Langkah menjadi pengusaha sukses yang selanjutnya adalah agar pengusaha selalu mengembangkan diri. Ibarat di atas langit masih ada langit, tidak boleh seorang pengusaha merasa sudah menjadi yang paling sukses dibandingkan pengusaha lainnya. Penting untuk menjaga diri sendiri selalu termotivasi.

Perlu diketahui bahwa dunia usaha itu bersifat dinamis. Ada kalanya seorang pengusaha sukses di dekade ini belum tentu sukses di dekade selanjutnya. Selalu ada perubahan dinamis di pasar dan di dunia usaha pada umumnya.

Sampai di sini pembahasan mengenai langkah menjadi pengusaha sukses yang bisa dirangkum. Tidak boleh lengah, seorang pengusaha harus melalui proses yang panjang agar dapat mewujudkan impiannya menjadi pengusaha sukses.

Baca juga : 6 Teknologi Canggih Belum ada di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *