Wajib Tahu, Kesalahan ketika Merawat Rambut Bergelombang

Kesalahan ketika Merawat Rambut Bergelombang
Source : dove.com

Rambut merupakan sebuah mahkota khususnya untuk wanita. Merawatnya dengan sungguh sungguh adalah salah satu bentuk dalam menghargainya. Ada beberapa orang yang memiliki jenis rambut bergelombong. Terdapat beberapa kesalahan ketika merawat rambut bergelombang yang harus Anda perhatikan.

Inilah 6 Kesalahan ketika Merawat Rambut Bergelombang

Setiap orang memang memiliki jenis rambut masing masing. Terkhusus untuk Anda jika memiliki rambut bergelombang terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawatnya agar tidak rusak. Berikut adalah inilah 6 kesalahan ketika merawat rambut bergelombang :

1. Kesalahan dalam Memilih Jenis Sisir

Source : img.celebrities.id
Source : img.celebrities.id

Terdapat beberapa jenis sisir sekarang di pasaran. Umumnya untuk kegiatan menyisir rambut orang menggunakan jenis sisir bergigi rapat untuk membuat rambut terlihat baik dan tidak kusut. Untuk rambut bergelombang menggunakan sisir ini adalah sebuah kesalahan. Setiap jenis rambut harus mendapatkan treatmentnya secara benar.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Kulit di Saat Musim Hujan

Treatment pada rambut bergelombang memang berbeda dari rambut biasa. Untuk mencegah rambut bergelombang supaya tidak kusut bisa dengan sisir bergigi jarang. Bisa juga menggunakan pembersih jari untuk hasil maksimal setelah berendam ataupun mandi. Hal ini karena rambut bergelombong cenderung mengembang.

2. Ketika Rambut Kering Jangan Langsung Disisir

Source : statik.tempo.co
Source : statik.tempo.co

Kesalahan ketika merawat rambut bergelombang selanjutnya adalah menyisirnya dalam keadaan kering. Melakukan hal ini terhadap rambut bergelombang dapat mengakibat beberapa kondisi seperti merusaknya bahkan bisa membuatnya semakin kusut. Maka dari itu usahakan menghindari kegiatan ini.

Cara untuk merawat rambut bergelombong ketiksa sedang dalam kondisi basah adalah dengan mengkondisikan secara manual atau menggunakan jari sisir. Tindakan ini dapat secara efektif ,mencegah  kondisi kusut pada rambut bergelombang sehingga bisa terlihat lebih rapi dan taiak menampakan kondisi berantakan.

3. Memakai Produk yang Salah

Source : cdn.popbela.com
Source : cdn.popbela.com

Kesalahan ketika merawat rambut bergelombang umum dan kerap kali terjadi adalah menggunakan zat pendukung seperti silikon dan sulfat. Untuk seseorang yang memiliki rambut lurus memang menggunakan kedua bahan ini sangat membantu dalam merapikan keadan rambut berantakan atau ingin merapikannya secara cepat.

Akan tetapi, untuk orang yang punya jenis rambut bergelombang menggunakan benda ini dapat membuatnya jadi kering dan rusak. Sulfat pada umumnya orang gunakan untuk pengering dan silikon meminimalisir kelembaban. Sementara jika memiliki rambut bergelombang harus menghindari shampo yang mengandung sulfat atau silikon.

4. Keseringan Mencuci Rambut

Source : asset.kompas.com
Source : asset.kompas.com

Perlu Anda ketahui jika secara alami jenis rambut bergelombang akan terlihat lebih kering dari rambut lurus. Rambut bergelombong membutuhkan waktu lebih panjang agar bisa mencapai seluruh helai rambut, kondisi inilah yang membuatnya terkadang terlihat sangat kering sehingga kebanyakan orang berpikir harus sering sering mencucinya.

Keadaan ini tentunya membuat seseorang dengan rambut rambut bergelombang sering membasuhnya. Sebenarnya tindakan ini merupakan salah satu kesalahan ketika merawat rambut bergelombang. Gunakan kondisioner agar rambut bergelombang tidak sering Anda cuci.

5. Melupakan Kondisioner

Source : okyobeautystars.jp
Source : okyobeautystars.jp

Kesalahan ketika merawat rambut bergelombang selanjutnya adalah tidak menggunakan kondisioner. Seperti penjelasan di poin sebelumnya kondisi kering pada rambut jenis ini sangatlah rentan. Hal ini membuatnya sangat memerlukan suplai protein sehingga mendapatkan tingkat kelembaban sesuai dan mampu tetap terlihat rapi serta tidak kusut.

Baca Juga : 6 Mitologi Lautan yang Menyeramkan dan Menjadi Pertanyaan

Hal ini hanya bisa Anda lakukan jika sering melakukan deep conditioning. Apabila hal ini tidak memiliki rambut bergelombang lakukan maka bisa mengakibatkan jenis rambut ini seperti tidak bernyawa dan cenderung mati. Tentunya menggunakan kondisioner yang tepat akan membuatnya tampak sehat.

6. Keseringan Memakai Alat Bantu Styling Rambut

Source : erhaskincare.co.id
Source : erhaskincare.co.id

Biasanya penyebab berikutnya yang membuat rambut bergelombang sering mengalami masalah adalah memakai alat penataan rambut. Penggunaan alat penataan rambut secara berlebihan dapat memperlambat dan merusak aktivitas transisi ikal dan pada akhirnya mengalami kerusakan rambut.

Apabila menggunakan alat penata ini, sebagai seseorang yang memiliki rambut bergelombang memperhatikan pengaturan panasnya. Usahakan untuk mensettingnya serendah mungkin, lalu kemudian menambahkan sedikit suplemen atau vitamin rambut sehingga bisa mengunci kelembapannya.

Demikian informasi mengenai beberapa kesalahan ketika merawat rambut bergelombang. Memberikan treatment kepada jenis rambut memang berbeda beda sesuai dengan kondisi dan keadaannya. Untuk memiliki rambut bergelombang agar tetap terlihat bagus dan rapi harus tahu perihal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *