6 Kerugian Menggunakan Asuransi Di Kehidupan Seseorang

Kerugian Menggunakan Asuransi
Kerugian Menggunakan Asuransi

Menggunakan jasa asuransi adalah pilihan yang telah digunakan dan diminati banyak orang. Tidak sedikit penggunaan asuransi dapat memicu masa depan yang lebih jelas dan terarah. Uniknya adalah di samping keuntungannya, kerugian menggunakan asuransi menjadi sebuah perhatian khusus.

Beberapa Kerugian Menggunakan Asuransi Jiwa Yang Perlu Diperhatikan

Terdapat banyak jenis asuransi mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, hingga rumah dan properti. Secara garis besar asuransi jiwa lebih banyak diminati karena nilai keuntungan yang lebih besar, maka berikut besar kecilnya kerugian menggunakan asuransi jiwa yang perlu diperhatikan.

Baca juga : 6 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

1. Klaim Dana Hanya Bisa Sekali Seumur Hidup

Source : lifepal.co.id
Source : lifepal.co.id

Dana asuransi jiwa hanya bisa diklaim seumur hidup, memang itulah yang disepakati sejak awal sebelum memulai membayar asuransi. Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa memang diberikan selama jiwa tersebut masih dikandung badan. Peserta wajib mendapatkan sosialisasi tentang ini.

Tanpa disadari, orang menyebut hak klaim di atas sebagai kerugian menggunakan asuransi. Padahal, jika diperhatikan lagi asuransi tersebut menjadi salah satu bentuk material yang ditinggalkan oleh sebuah jiwa ketika masanya nanti sudah meninggalkan raganya.

2. Penerima Klaim Dana Ternyata untuk Ahli Waris

Gambar 6 Kerugian Menggunakan Asuransi Di Kehidupan Seseorang - IYADEH.COM

Asuransi jiwa dapat diklaim ketika peserta asuransi jiwa telah meninggal dunia, seperti yang disebutkan di atas bisa diambil semuanya langsung sekali seumur hidup. Berarti, yang mengklaim dana asuransi adalah ahli warisnya? Iya. Apakah dengan ini peserta asuransi jiwa dirugikan? Sebenarnya tidak juga.

Mungkin banyak orang menganggap ini sebagai sebuah kerugian menggunakan asuransi jiwa, sehingga lebih memilih untuk menggunakan jenis asuransi lainnya. Di samping pandangan itu, peserta asuransi tentu harus melihat dari segi keuntungan keluarga yang memiliki ikatan jiwa saat ditinggalkan nantinya.

3. Premi Relatif Lebih Mahal

Gambar 6 Kerugian Menggunakan Asuransi Di Kehidupan Seseorang 3 - IYADEH.COM

Ternyata perhitungan akhir untuk premi asuransi jiwa lebih mahal dibandingkan jenis asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan misalnya. Masih banyak calon peserta yang menganggapnya sebagai kerugian menggunakan asuransi jiwa, sehingga mundur dan memilih jenis asuransi lainnya.

Kembali ke tujuan awal, calon peserta harus lebih jeli dalam memilih jenis asuransi yang dibutuhkan. Bisa jadi asuransi kesehatan, bisa jadi asuransi jaminan hari tua atau bisa saja asuransi jiwa ini yang paling cocok dengan kebutuhan. Setiap jenis asuransi memiliki plus minusnya masing-masing.

Baca juga : 6 Kelebihan Bermain Trading Online di Era Modern

4. Harus Ada Kejelasan Informasi Investasi

Gambar 6 Kerugian Menggunakan Asuransi Di Kehidupan Seseorang 5 - IYADEH.COM

Terdapat kasus dimana calon peserta kesulitan mendapatkan kejelasan investasi pada asuransi jiwa ini, sehingga tidak jadi mendaftarkan diri. Kasus tersebut menjadi pembelajaran penting bagi calon peserta dalam menyeleksi penyelenggara produk asuransi jiwa, bukan pada asuransi jiwa itu sendiri.

Setiap perusahaan penyelenggara asuransi jiwa hendaknya memberikan sosialisasi dan kejelasan yang sejelas-jelasnya kepada calon peserta. Tidak boleh ada perusahaan asuransi yang mencoba mencurangi peserta dengan cara-cara yang tidak terbuka tersebut.

5. Tidak Berlaku Untuk Jenis Investasi Lain

Gambar 6 Kerugian Menggunakan Asuransi Di Kehidupan Seseorang 7 - IYADEH.COM

Ketika seseorang mendaftarkan diri untuk mengikuti program asuransi jiwa, maka ia tidak bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Hal ini menjadi hal yang fundamental yang harus diketahui. Jika ingin yang lebih bisa dinikmati, lebih baik konsultasikan dengan penyedia layanan asuransi.

Biasanya penyedia produk asuransi memiliki banyak program dan plan khusus yang meliputi banyak jenis asuransi mulai dari asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, bisnis dan masih banyak lagi. Pastikan mendatangi perusahaan asuransi yang telah berbadan hukum agar lebih terpercaya.

6. Pembayaran Seumur Hidup

Gambar 6 Kerugian Menggunakan Asuransi Di Kehidupan Seseorang 9 - IYADEH.COM

Pembayaran seumur hidup menjadi salah satu hal yang sedikit disukai oleh calon peserta produk asuransi. Boleh saja, setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing dan ketika merasa keberatan calon peserta boleh memilih jenis asuransi lain yang lebih ringan.

Jika dilihat dari sudut pandang lain, pembayaran premi asuransi jiwa bukanlah hal besar ketika mengingat bahwa orang yang akan menikmatinya nanti adalah orang dekat secara hubungan jiwa. Perlu diingat bahwa orang tercinta suami/istri, orang tua, anak, cucu, yang akan menikmatinya nanti.

Mungkin masih ada yang lain, tetapi itulah beberapa kerugian menggunakan asuransi jiwa yang perlu diperhatikan. Perhitungan sebelum memilih asuransi adalah hal yang harus dilakukan karena di keuntungan yang didapatkan, terdapat beberapa kekurangan pada penggunaan sebuah jasa asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *