6 Jurusan Kuliah Tentang Ekonomi yang Bisa Optimalkan Kemampuan Berbisnis

jurusan kuliah tentang ekonomi

Jurusan seputar ekonomi di bangku perkuliahan seperti Akutansi memang menjadi pilihan banyak orang. Ilmu keuangan memang sangat orang perlukan untuk menunjang aktivitas berbisnis dan usaha. Ada beberapa jurusan kuliah tentang ekonomi yang harus Anda ketahui.

Inilah 6 Jurusan Kuliah Tentang Ekonomi yang Bisa Optimalkan Kemampuan Berbisnis

Ekonomi saat ini memang menjadi sebuah pondasi ilmu yang bergerak di sebuah bidang. Kondisi ini membuatnya memiliki peran penting sehingga banyak fakultas ilmu keuangan ini selalu penuh mahasiswa setiap tahunnya. Berikut 6 jurusan kuliah tentang ekonomi yang bisa optimalkan kemampuan berbisnis :

1. Jurusan Ekonomi Pembangunan

Source : arwiranews.com

Industri pembangunan menjadi salah satu yang selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya, mulai dari segi models sampai sistem keuangannya. Jurusan Ekonomi pembangunan pun jadi pilihan banyak mahasiswa baru karena punya prospek cerah.

Baca Juga : 6 Cara yang Benar Atur Gaji agar Tidak Cepat Habis

Dalam jurusan ini, mahasiswa nantinya akan belajar bagaimana menangani isu isu sektor perekonomian seperti bisnis, perbankan, dan keuangan dalam lingkup pembangunan. Kebijakan, analisis, dan auditor dalam proses pembangunan pun akan mahasiswa pelajari.

2. Jurusan Administrasi Fiskal

Source : blogger.googleusercontent.com

Jurusan kuliah tentang ekonomi yang bisa optimalkan kemampuan berbisnis selanjutnya adalah Administrasi Fiskal. Mungkin beberapa orang masih asing dengan jurusan ini, Administrasi Fiskal sendiri jadi salah satu disiplin ilmu mengenai perpajakan dan jenisnya.

Tentu saja mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai macam perspektif mengenai dunia perpajakan mulai dari konsultan hingga mengurus urusan pajak besar dari Badan Usaha Milik Negara.  Isu isu ekonomi mikro dan makro pun akan para mahasiswa pelajari ketika menempuh pendidikan Administrasi Fiskal.

3. Jurusan Akuntansi

Source : cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Jurusan kuliah tentang ekonomi yang bisa optimalkan kemampuan berbisnis berikutnya adalah Akuntansi. Mungkin kebanyakan dari masyarakat Indonesia sudah paham betul dengan jurusan satu ini. Akuntansi merupakan jurusan yang akan mempelajari semua hal mengenai pencatatan laporan keuangan sampai informasinya.

Mahasiswa yang menempuh perkuliahan jurusan ini akan mempelajari elemen keuangan seperti akuntansi biaya, sektor publik, perpajakan dan audit, sampai dengan akuntansi anggaran. Sejauh ini peminat dari jurusan akuntansi tentu sangatlah banyak mengingat perannya yang sangat penting.

4. Jurusan Ilmu Aktuaria

Source : asset.kompas.com

Jurusan kuliah tentang ekonomi yang bisa optimalkan kemampuan berbisnis lainnya adalah Ilmu Aktuaria. Secara garis besar jurusan kuliah satu ini akan membuat mahasiswa mempelajari ilmu matematika yang berkaitan dengan sebuah risiko asuransi, investasi, perbankan sampai dengan sejenisnya.

Sejauh ini jurusan ilmu Aktuaria memang cukup langka dan hanya bisa Anda temukan di beberapa universitas saja. Dalam perkuliahannya, ilmu aktuaria mengajak seseorang berpikir mengenai teori probabilitas, statistika, dan matematika mengenai dampak finansial dari sebuah keuangan.

5. Jurusan Manajemen

Source : pelayananpublik.id

Jurusan kuliah tentang ekonomi yang bisa optimalkan kemampuan berbisnis Manajemen. Tentunya jurusan ini juga sangat familiar di telinga khalayak umum seperti akuntansi. Manajemen merupakan ilmu keuangan yang mempelajari tentang bisnis, manajemen strategis, keuangan, dan kewirausahaan.

Baca Juga : 6 Aplikasi Membuat Tanda Tangan Digital, Lewat HP Android Semua Beres

Dalam perkuliahannya mahasiswa akan mendapatkan ilmu manajemen atau pengelolaan keuangan secara merata. Bisnis dan usaha dapat berjalan sangat baik jika manajemen dan pengelolaannya berjalan baik. Ilmu manajemen akan mengajak mahasiswa untuk mempelajari semua hal mengenai pengelolaan keuangan di berbagai sektor atau industri apapun.

6. Jurusan Ekonomi Syariah

Source : blue.kumparan.com

Sesuai dengan namanya, Ekonomi Syariah merupakan salah satu jurusan yang mata kuliahnya membahas seputar keuangan namun dengan hukum syariah. Ekonomi syariah sendiri mengambil konsep keuangan dari aspek islam. Agama Islam mengatur dengan detail segala aktivitas keuangan melalui hukum yang bernama syariah ini.

Secara keseluruhan materi dan pembelajaran dalam jurusan ekonomi syariah ini hampir sama dengan ilmu ekonomi pada umumnya. Akan tetapi, semua proses keuangan mulai dari transaksi jual beli, perhitungan aset, dan sebagainnya dalam bisnis harus mengandung konsep dan dasar islami atau syariah.

Demikian informasi mengenai 6 jurusan kuliah tentang ekonomi yang bisa optimalkan kemampuan berbisnis. Untuk Anda yang ingin memiliki pondasi kuat ketika membangun sebuah usaha atau bisnis, masuk dan mengambil beberapa jurusan perkuliahan tadi akan menjadi bekal luar biasa.

Exit mobile version