Life  

6 Jenis Bullying yang Harus Orangtua Ketahui dan Pahami

Jenis Bullying yang Harus Orangtua Ketahui
Source : smansasingaraja.sch.id

Kasus bullying anak memang menjadi salah satu isu atau masalah yang belum benar benar terpecahkan. Sampai saat ini masih banyak anak menerima tindakan berbahaya dan bisa mengganggu psikologinya. Terdapat beberapa jenis bullying yang harus orangtua ketahui saat ini.

6 Jenis Bullying yang Harus Orangtua Ketahui dan Pahami

Mungkin masih banyak orang tua yang belum begitu memahami dan juga mengetahui bahwasannya aktivitas buruk bullying ini memiliki beberapa tipe. Setiap jenis tentunya dapat memberikan negatif beda beda terhadap anak. Berikut adalah 6 jenis bullying yang harus orangtua ketahui dan pahami :

1. Jenis Bullying Fisik

Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net
Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Sesuai dengan namanya jenis bullying ini cenderung bersifat tindakan fisik. Aktivitas bullying jenis ini akan melibatkan fisik sebagai media utamanya dalam mengintimidasi korbannya. Biasanya korban dari bullying jenis ini memiliki fisik lemah dan tidak berdasaya, semantara pelakunya punya fisik sebaliknya.

Baca Juga : 6 Alasan Seseorang Menjadikan Trading Online untuk Tabungan

Contoh dari tindakan bullying fisik ini antara lain adalah menampar, menendang, mendorong, memukul dan masih banyak lagi. Jenis bullying ini juga sering orang sebut sebagai tindakan kekerasan fisik dan dampaknya tentu saja akan memberikan beberapa luka di tubuh korbannya secara fisik.

2. Jenis Bullying Verbal

Source : jovee.id
Source : jovee.id

Jenis bullying yang harus orangtua ketahui berikutnya adalah bullying verbal. Tipe ini biasanya akan memakai kata kata sebagai media untuk menindas seseorang seperti mengucapkan kata kata hinaan serta makian. Umumnya pelaku memilih target melalui penampilan, perilaku sampai dengan tindakannya.

Ada juga beberapa kasus yang anak anak berkebutuhan khusus jadi target bullying verbal ini karena memang tidak memiliki fisik sesempurna anak normal. Mirisnya, bullying jenis ini memang sangat sulit untuk mengidentifikasinya. Perkataan kasar dari orang tua dan guru kepada murid serta anak juga bisa masuk kategori ini.

3. Jenis Bullying Agresi Relasional

Source : cdn.popmama.com
Source : cdn.popmama.com

Selanjutnya ada Agresi Relasional yang merupakan tipe bully  yang terjadi kebanyakan pada anak remaja. Bullying ini akan menyakiti korbannya dengan mengejek, memanipulasi, menghina sampai dengan menyebarkan rumor buruk sehingga korban akan terasingkan bahkan terkucilkan.

Dampak dari Agresi relasional ini sangat berbahaya dan termasuk jenis bullying yang harus orangtua ketahui secara dini agar tidak berdampak jangka panjang. Kebanyakan pelaku dari bullying ini adalah anak perempuan karena memang pada usia remaja saling meninggalkan status sosialnya masing masing.

4. Jenis Cyberbullying

Source : nea.org
Source : nea.org

Jenis bullying yang harus orangtua ketahui berikutnya adalah Cyberbullying. Tipe ini muncul akibat perkembangan teknologi seperti kehadiran internet, smartphone, laptop, dan perangkat alat elektronik lainnya. Cyberbullying sendiri terjadi dalam bentuk digital sesuai dengan namanya.

Bentuk dari bullying ini bisa berupa penyebaran foto menyakitkan, membahayakan, memalukan sampai dengan pesan text dengan tulisan buruk. Biasanya pelaku dan korban dari jenis ini berada di kalangan anak muda karena memang umur tersebut sangat masif menggunakan smartphone dan teknologi.

5. Jenis Bullying Seksual

Source : media.suara.com
Source : media.suara.com

Jenis bullying yang harus orangtua ketahui adalah Bullying Seksual. Ini merupakan jenis bully yang melakukan tindakan seksual untuk menyerang korbannya mulai dari mengomentari seseorang secara sexual, menyentuh tubuh tanpa izin, sampai dengan melakukan gestur vulgar. Masih banyak bentuk dari tindakan bullying ini.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Pantai Terbaik di Bali yang Menjadi Favorit

Korban dari tipe bully ini memang kebanyakan adalah wanita dan anak perempuan, terkadang ada juga beberapa anak laki laki. Jenis bullying ini semakin berbahaya ketika jaringan internet sekarang berkembangan sangat cepat, tentunya dapat menyebarkan foto yang tidak pantas lewat media seperti ini.

6. Jenis Prejudicial Bullying

Source : clsnet.org
Source : clsnet.org

Prejudicial Bullying merupakan jenis bully yang mana anak remaja mulai melakukan penindasan kepada orang lain berdasarkan ras, agama, dan lainnya. Jenis bullying ini biasanya terjadi dalam bentuk apapun dari cyber bullying, fisik, agresi relasional dan paling umum adalah melalui kata kata atau verbal.

Biasanya hal ini terjadi akibat perbedaan yang terjadi, misalnya pelaku bully memiliki perbedaan ras ataupun agama dari korbannya. Kondisi seperti ini akan menimbulkan prejudicial bullying karena memiliki unsur kemarahan atau kebencian terhadap perbedaan tersebut.

Demikian informasi mengenai jenis bullying yang harus orangtua ketahui. Mungkin selama ini banyak orang tua yang tidak mengetahui jenis jenis dalam aktivitas penindasan ini. Memahaminya sangat penting agar bisa mengatasinya secara benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *