Music  

6 Fakta Menarik Tentang Biola sebagai Alat Musik Klasik yang Bersuara Indah

fakta menarik tentang biola

Biola merupakan salah satu alat musik klasik yang sampai saat ini masih orang gunakan. Alat satu ini memiliki nada khas dengan suara merdu. Cara memainkannya adalah dengan menggesek senarnya. Ada beberapa fakta menarik tentang biola yang perlu Anda tahu.

Inilah 6 Fakta Menarik Tentang Biola sebagai Alat Musik Klasik yang Bersuara Indah

Music merupakan elemen dalam kehidupan yang sangat cepat berkembang. Keberhasilan Biola bertahan hingga saat ini tentu merupakan hal luar biasa. Masih banyak musisi menggunakan alat musik ini khususnya untuk lagu lagu klasik. Berikut 6 fakta menarik tentang biola sebagai alat musik klasik yang bersuara indah :

1. Sejarah Singkat Biola

Source : 3.bp.blogspot.com

Biola sendiri sudah ada sejak tahun 1520 dan sudah menjadi alat musik turunan Rebec dan Viola. Alat musik ini berasal dari bahasa latin di abad pertengahan dengan nama Vitula. Andrea Amati merupakan sosok yang pertama kali menciptakan instrumen satu ini.

Baca Juga : 6 Manfaat Jasa Pengiriman yang Harus Pelaku Bisnis Online Ketahui

Kepopuleran biola buatan Amati mulai terlihat pada tahun 1564 dan banyak orang gunakan untuk membuat sebuah drama musikal zaman itu. Suara merdu nya berhasil menghipnotis banyak orang kala itu. Sampai saat ini Biola terus orang gunakan untuk menciptakan lagu berkelas.

2. Adanya 70 Potongan Kayu pada Badan Biola

Source : givensviolins.com

Fakta menarik tentang biola selanjutnya adalah potongan pada badannya. Mungkin banyak orang belum tahu jika ternyata ada sekitar 70 potongan kayu untuk setiap 1 unit biola. Pembuatan alat musik satu ini memang kebanyakan berasa dari kayu pohon maple atau cemara.

Meskipun bentuk aslinya terlihat seperti potongan kayu utuh, namun ada kurang lebih 70 potongan sehingga bisa membentuk alat ini yang seperti Anda lihat sekarang. Hampir semua biola memiliki tubuh berongga kemudian pengrajin rekatkan menggunakan sebuah lem.

3. Bahan Baku Busur dan Senarnya

Source : s0.bukalapak.com

Fakta menarik tentang biola berikutnya adalah bahan dasar senar dan busurnya. Apabila Anda perhatikan senar pada biola ini terbuat dari usus domba. Para pengrajin alat musik ini akan merenggangkan, mengeringkan, lalu memelintir usus domba sehingga berbentuk seperti sekarang.

Sementara senar untuk biola modern berasal dari baja beruntai atau baja padat. Untuk busurnya sendiri terbuat dari bulu kuda atau nilon. Pembuat alat musik ini setidaknya membutuhkan 150 sampai dengan 200 helai untuk bisa menciptakan busur dengan suara merdu.

4. Tingkat Kognitif Tinggi dalam Setiap Nada

Source : images.bisnis.com

Fakta menarik tentang biola lainnya adalah tingkat kognitifnya. Dalam sebuah penelitian terungkap jika tingkat pemrosesan kognitif biola sangat tinggi. Pemain biola yang baik harus mempunyai otak lebih besar dengan keterampilan motorik memadai.

Keterampilan motorik yang kompleks pada seorang pemain biola akan menghasilkan sebuah suara merdu luar biasa. Kemampuan dalam mengontrol aktivitas otak kanan dan kiri ketika memainkan alat musik satu ini memang cukup krusial. Tidak heran jika menguasainnya cukup sulit.

5. Beberapa Tokoh Terkenal dalam Dunia Biola

Source : assets-a1.kompasiana.com

Fakta menarik tentang biola selanjutnya adalah beberapa tokoh populer di industri ini. Karena memiliki suara luar biasa indah, setiap zamannya selalu ada musisi biola berkemampuan luar biasa. Salah satu tokoh ternama dari alat musik ini adalah Mozart.

Baca Juga : 6 Solusi agar Tidak Oversharing saat Menggunakan Media Sosial

Karya karya mozart menggunakan alat musik satu ini sangat populer dan terkenal bahkan sampai sekarang. Ada juga Niccolo Paganini yang menjadi salah satu pemain biola revolusioner dengan menerapkan citra Bintang Rock dalam gaya bermain.

6. Menjadi Alat Musik Tersulit untuk Dikuasai

Source : media.suara.com

Apabila Anda lihat secara sepintas, biola memang terlihat seperti alat musik biasa saja. Akan tetapi meskipun hanya memiliki 4 senar saja, untuk bisa menguasai dan memainkan biola dengan suara merdu merupakan pekerjaan sangat sulit.

Salah satu alasannya adalah alat ini tidak mempunyai fret untuk spasi seperti gitar. Hal ini membuat setiap pemain biola sulit mengeluarkan nada merdunya. Selain itu, alasan lain kenapa sulit menguasai alat musik ini adalah poster. Beberapa pemain biola amatir bahkan membutuhkan waktu lama agar bisa memegangnya dengan benar.

Demikian informasi mengenai 6 fakta menarik tentang biola sebagai alat musik klasik yang bersuara indah. Biola sampai saat ini masih menjadi andalan banyak musisi sebagai instrumen bersuara merdu dalam berbagai jenis lagu.

Exit mobile version