Harus Tahu 6 Cara Pencet Jerawat yang Aman dan Benar

Cara Pencet Jerawat
Source : akcdn.detik.net.id

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang cukup meresahkan dan selalu berhasil membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Tidak heran jika banyak orang yang ingin memecahkannya. Namun sebelum melakukannya Anda harus tahu cara pencet jerawat dengan aman.

Inilah 6 Cara Pencet Jerawat yang Aman dan Benar

Aktivitas memencet jerawat menjadi hal yang banyak orang anggap efektif menghilangkanya secara instan. Akan tetapi, metode ini jika tidak Anda lakukan secara benar dapat menimbulkan bekas luka dan inflamasi. Maka dari itu, berikut adalah 6 cara pencet jerawat yang aman dan benar :

1. Kompres Terlebih dahulu dengan Air Hangat

Melakukan pengompresan di area jerawat tumbuh menggunakan air hangat akan membuat bekas luka pencetan cepat sembuh. Hal ini ini karena air hangat mengandung sifat penyembuhan yang dapat meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit, setelah memencet tentunya akan ada sedikit bekas goresan.

Baca Juga ; Bersiap untuk Tersihir, Sedikit Bocoran Fakta Harry Potter and The Cursed Child

Mengompres area jerawat tumbuh dapat menyembuhkanya secara cepat. Apabila Anda ingin memencet jerawat usahakan untuk mengompres area tersebut terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar proses penyembuhan bisa berlangsung dengan cepat dan tidak meninggalkan bekas luka.

Source : akcdn.detik.net.id
Source : akcdn.detik.net.id

2. Mengenali Jenis Jerawatnya Dulu

Cara pencet jerawat yang aman selanjutnya adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu jenis jerawatnya. Mungkin beberapa sudah tahu jika jerawat memiliki jenis dan tipe berbeda sejauh ini. Perlu Anda ketahui jika jenis jerawatnya kemerahan seperti cystic acne maka jangan memencetnya.

Apabila hal ini tetap seseorang lakukan maka akan menimbulkan peradangan atau masalah berkepanjangan. Jenis jerawat komedo adalah tipe yang sangat aman untuk Anda pencet karena tidak akan menimbulkan inflamasi atau masalah kulit pada wajah lainnya. Hal ini harus benar benar seseorang perhatikan.

Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net
Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net

3. Menggunakan Pimple Patch

Cara pencet jerawat aman lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memakai alat bantu seperti pimple patch. Benda ini dapat membantu seseorang mendapatkan proses penyembuhan secara optimal ketika sedang memencet jerawat. Pimple patch dapat menarik debu atau minyak dari jerawat.

Pimple patch juga memiliki kemampuan untuk meminimalisir tangan yang sangat gatal untuk menyentuh jerawat. Tentunya aktivitas memecahkan jerawat kamu akan lebih mudah dan aman karena terhindar dari iritasi apabila aktivitas ini Anda lakukan menggunakan pimple patch.

Source : blog-admin.avoskinbeauty.com
Source : blog-admin.avoskinbeauty.com

4. Membersihkan Area Tumbuhnya Jerawat Terlebih Dahulu

Usahakan ketika Anda hendak memencet jerawat membersihkan dahulu area wajah tempat jerawat bersarang. Ini merupakan cara pencet jerawat aman dan mudah. Gunakan beberapa media pembersih seperti sabun wajah dan lainnya agar area di sekitar jerawat tumbuh juga akan tersucikan.

Membersihkan wara tumbuhnya jerawat ini juga akan memudahkan proses pemencetan Anda karena jerawat akan terlihat sangat jelas sehingga tidak mungkin meleset saat memencetnya. Tidak hanya itu kulit juga akan terhindar dari infeksi jika telah melakukan pembersihan di sekitar jerawat ini.

Source : asset.kompas.com
Source : asset.kompas.com

5. Jangan Pencet Pakai Jari

Cara pencet jerawat yang aman adalah dengan tidak menggunakan jari untuk memencetnya. Jerawat seperti komedo biasanya mengandung nanah di dalamnya. Mengeluarkan nanah menggunakan jari atau bahkan kuku dapat menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi berat.

Baca juga ; Asyiknya! Whatsapp Mengumumkan Fitur Terbaru yang akan Launching Tahun ini

Usahakan untuk menggunakan alat bantu seperti cotton buds misalnya. Ala ini dapat membantu seseorang untuk menjepit sebuah objek. Jerawat juga dapat alat ini jepit atau pencet sehingga proses pengeluaran nanah pada jerawat seperti komedo dapat berlangsung dengan aman.

Source : media.suara.com
Source : media.suara.com

6. Menggunakan Jarum Penusuk Jerawat

Berikutnya ketika hendak memencet jerawat dengan aman, usahakan untuk menggunakan alat bantu seperti jarum yang sudah steril tentunya. Memencet jerawat menggunakan jarum dapat membantu proses pengeluaran nanah berlangsung sangat cepat serta tidak sakit.

Terdapat beberapa jarum sekarang ini yang orang rancang secara khusus untuk memencet jerawat. Akan tetapi ketika memakai jarum pastikan melakukannya secara berhati hati. Proses pemencetan jerawat ini memang memerlukan ketelitian dan tingkat fokus tinggi.

Source : lzd-img-global.slatic.net
Source : lzd-img-global.slatic.net

Demikian informasi mengenai cara pencet jerawat yang aman. Terdapat berbagai metode sebenarnya untuk menghilangkan permasalahan ini. Akan tetapi, memencet jerawat menjadi salah satu opsi yang banyak orang lakukan karena mudah. Namun, memencet jerawat tetap harus Anda lakukan secara aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *