Tech  

6 Alasan Seseorang Belum Menggunakan Smartphone

Belum Menggunakan Smartphone

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan sebuah perangkat bernama ponsel pintar. Hampir semua orang di berbagai belahan dunia memiliki alat ini untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, ada beberapa orang belum menggunakan smartphone karena berbagai alasan kuat di dalamnya.

Berbagai Alasan Seseorang Belum Menggunakan Smartphone

Heran sekali jika ada orang belum memiliki ponsel pintar di kehidupannya. Karena hampir semua keperluan bisa Anda penuhi melalui perangkat digital tersebut. Namun, ternyata memang ada beberapa orang yang enggan atau belum berkeinginan menggunakan smartphone karena berbagai alasan, seperti:

1. Belum Terlalu Membutuhkan

Walaupun sudah dikelilingi dengan perkembangan teknologi di sekitar. Tentu masih ada banyak belum menggunakan smartphone. Entah karena usia maupun pengetahuan berkaitan pada teknologi itu sendiri. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ada beberapa orang belum menggunakan smartphone.

Salah satunya yakni pada lansia. Mereka sudah terlalu tua untuk memahami apa itu teknologi dan cara menggunakannya. Apalagi bagi orang-orang seperti mereka, keberadaan teknologi tidak terlalu membantu dan diperlukan. Oleh karena itu, sebagian orang sudah terbiasa tanpa kehadiran smartphone.

Baca juga : 6 Ancaman Teknologi Maju terhadap Pelaku Bisnis

2. Mempengaruhi Kesehatan

Alasan selanjutnya mengapa seseorang belum menggunakan smartphone adalah karena dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satu yang terkenal yakni karena adanya dampak radiasi pada tubuh apabila penggunaan ponsel tersebut dilakukan secara terus menerus sepanjang hari.

Selain itu, ponsel pintar dapat menyebabkan kemampuan mengingat pada diri seseorang semakin menurun daripada orang yang tidak memakainya sama sekali di kehidupan mereka. Disamping itu, ketika sedang belajar atau melakukan kegiatan tertentu, namun ada smartphone di sampingnya, maka konsentrasi pun akan beralih secara cepat.

3. Membuat Kecanduan

Salah satu yang banyak dihindari oleh beberapa orang adalah kecanduan dari penggunaan smartphone. Bahkan, smartphone bisa lebih berbahaya daripada narkoba. Hal ini tentu berkaitan dengan banyaknya sumber yang bisa Anda dapatkan dalam genggaman, seperti video, foto, bacaan, serta lain sebagainya.

Jika terus menerus dilakukan, Anda tidak akan bisa lepas dari smartphone di kehidupan sehari-hari. Tentu ini akan membuat pekerjaan atau aktivitas menjadi lebih terhambat. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa seseorang belum menggunakan ponsel pintar, sebab takut terjadi kecanduan dan aktivitas lain menjadi terbengkalai.

4. Dilarang Oleh Orang Tua

Dilarang di sini maksudnya diperuntukan kepada anak-anak usia dini hingga remaja. Mereka tidak terlalu membutuhkan yang namanya smartphone di beberapa aspek kehidupannya. Selain itu, beberapa orang tua yang ketat tidak memperbolehkan anak mereka menggunakan ponsel sebelum beranjak dewasa.

Hal ini diperparah oleh ponsel dan maraknya media sosial, yang memicu keinginan obsesif untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan orang lain. Oleh karena itu, banyak orang tua melarang anaknya menggunakan smartphone agar mereka lebih fokus dalam meraih cita-cita dan belajar secara giat.

5. Tidak Bermanfaat Bagi Kehidupan

Dari beberapa dampak negatif yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa diambil kesimpulan kalau smartphone bagi seseorang itu tidak terlalu bermanfaat. Kegiatan yang terbengkalai karena terlalu asik bermain di sosial media, menonton berbagai jenis tontonan, bermain game, dan lain sebagainya.

Inilah yang menyebabkan beberapa orang enggan menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, ponsel pintar juga mampu merenggangkan hubungan persaudaraan antar keluarga karena saat berkumpul, kebanyakan anggota keluarga malah fokus pada ponselnya masing masing.

6. Tidak Ada Biaya untuk Membelinya

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentu meningkatkan harga smartphone seiring berjalannya waktu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau penggunanya. Inilah mengapa beberapa orang enggan menghabiskan uangnya untuk membeli perangkat digital tersebut.

Walaupun sekarang sudah banyak smartphone dengan harga terjangkau, namun tetap menepati angka jutaan, sehingga beberapa orang berpikir untuk memakai uang tersebut ke keperluan lain yang lebih penting. Jadi, tidak heran jika masih ada orang tidak belum menggunakan smartphone di kehidupan sehari-harinya.

Itu tadi beberapa alasan mengapa seseorang belum menggunakan smartphone di kehidupan sehari-harinya. Sebelum melakukan pembelian perangkat ini, sebaiknya pikirkan dengan baik, apakah Anda memang membutuhkannya atau hanya sekadar menuruti gengsi di sekitar saja.

Exit mobile version